Jangan Pernah Takut Skripsi

jangan-takut-skripsi
SKRIPSI OH SKRIPSI…begitulah keluhan bebrapa mahasiswa jika dihadapkan dengan SKRIPSI. Tidak jarang bagi mahasiswa saat mengerjakan SKRIPSI banyak melalui kerikil kecil untuk meraih gelar sarjana, bahkan ada beberapa mahasiswa yang terkendala belum tuntas urusan akademisnya gara-gara SKRIPSI.

SKRIPSI sesungguhnya tidak terlalu penting, tapi tentu saja tidak boleh dianggap remeh. Di banyak perguruan tinggi SKRIPSI hanya maksimal 6 SKS atau hanya setara mata kuliah Pengantar Bisnis, tentunya hal ini menjadikan SKRIPSI tidak boleh menjadi beban melebihi mata kuliah tersebut. Jadi SKRIPSI itu MUDAH. SKRIPSI itu TIDAK SUSAH. SKRIPSI itu TIDAK BOLEH LAMA.

Yang membuat Skripsi lama itu adalah bingungnya mahasiswa mencari tema, pusing memilih judul, dan bingung mencari contoh. Yang harus Anda lakukan pertama adalah Cari Contoh Penelitian. Baik itu dari artikel-artikel, skripsi-skripsi ataupun jurnal-jurnal. Setelah diketemukan baru Anda langsung menghadap ke dosen pembimbing untuk konsultasi mengenai contohnya bahwa contoh tersebut ingin Anda buat. Tapi, tentunya Anda harus menguasai teorinya terlebih dahulu yang jelas, mapan dan argumentatif. Ada 2 manfaat dari cara tersebut yaitu Anda tidak mengalami kebingungan dalam menyusun skripsi dan potensi untuk ditolak oleh dosen pembimbing menjadi minimal, karenaAnda sudah dalam kesiapan.

Lebih mudanhnya akan dipaparkan tips untuk sukses melewati masa akhir studi.

1. Jangan pernah takut Skripsi. Jika ada bisikan-bisikan gaib dari senior bahwa skripsi itu susah, menakutkan, bikin frustasi, abaikan..!!
2. Jangan Percaya cerita senior tentang dosen pembimbing yang jelek-jelek atau mengerikan. “siap-siap saja lama skripsimu”. Jangan percayai itu. Itu Cuma gossip
3. Fokuslah pada SKRIPSI. Hindari kerja sampingan terlebih dahulu. Bermain game atau media social an yang tidak perlu. Tetaplah Fokus pada SKRIPSI.
4. Pilihlah tema yang memungkinkan Anda untuk bisa memperoleh data sendiri secara independen, agar Anda tidak terlalu tergantung dengan orang lain dalam mencari data penelitian. Missal seperti tema data yang sudah ada di internet (data sekunder). Hindari kuesioner yang respondenya tidak terkendali karena akan menghambat skripsi Anda.
5. Jika studi kasus, pastikan Anda memiliki akses ke objek penelitian. Karena jika tidak, maka waktu Anda akan habis hanya hanya untuk menunggu jawaban izin penelitian.
6. Ketika menyusun bab “Metode Penelitian” tulislah secara ringkas, detail, sistematis tahapan analisis data yang akan Anda lakukan terutama pada “Teknik Analisis Data” sehingga selanjutnya tidak dibingungkan setelah data diperoleh.
7. Tetaplah Fokus dan Kontinu…setelah memperoleh data, jangat istirahat dulu seperti pulang kampung. Karena jika istirahat Anda akan kehilangan mood dan semangatnya mulai berkurang. Jadi setelah data didapat harus langsung analisis dan langsung dibahas.
8. Gunakan bantuan bahasa yang memadai seperti EYD dan GLOSARIUM untuk memastikan bahwa kalimat yang Anda gunakan tepat. Jangan terlalu percaya pada dosen pembimbing, karena mereka belum tentu mengerti konteks kebahasaan.
Sudah Siap SKRIPSI ? 2 Bulan selesai ya ? tidak percaya? Silahkan dicoba..

Selamat ber-SKRIPSI

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Analisis Data Kuantitatif di Malang, Pusat Analisis Data Statistik Malang dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s