Merumuskan Pertanyaan dan Hipotesis Penelitian

hipotesis-penelitian

 

Setelah mendapatkan topic penelitian, dan melakukan pendalaman terhadap literature terkait selanjutnya peneliti harus merumuskan masalah penelitian ke dalam hipotesis atau pertanyaan penelitian. Seorang peneliti tidak akan memulai penelitiannya tanpa adanya masalah, pertanyaan atau pernyataan yang akan diuji. Masalah dan pertanyaan penelitian merupakan titik awal seorang peneliti untuk mulai melaksanakan penelitiannya. Sebagaimana. Suatu perlombaan lari, setiap peserta harus memulai perlombaan dari garis start atau garis awal yang telah ditentukan terlebih dahulu. Pada penelitian garis awal itu adalah suatu pertanyaan penelitian atau suatu hipotesis yang hendak diujikan. Pada bagian ini, kita akan membahas prosedur untuk merumuskan pertanyaan penelitian dan hipotesis serta langkah-langkah untuk menguji keduanya.

 

Suatu hipotesis dapat didefinisikan sebagai, “a formal statement regarding the relationship between variables and tested directly” (suatu pernyataan formal mengenai hubungan antara variable, dan diuji secara langsung). Dalam hal ini, perkiraan yang dibuat terhadap hubungan antara variable dapat benar atau salah. Sebaliknya, suatu pertanyaan penelitian atau rumusan masalah (problem statement) adalah, “ a formally stated question intended to provide indication about something it is not limited to investigating relationship between variables” Suatu pertanyaan yang dirumuskan secara formal dimaksudkan untuk memberikan indikasi mengenai sesuatu: pertanyaan tidak dibatasi untuk meneliti hubungan antara variable). Dengan kata lain, suatu rumusan masalah adalah pertanyaan yang diharapkan akan ditemukan jawabannya melalui penelitian yang dilakukan.

 

Bagi mereka yang baru belajar metode penelitian cenderung beranggapan bahwa bagian paling penting dalam melaksanakan penelitian adalah ketika penelitin terjun ke lapangan untuk mengumpulkan daya. Namun sebenarnya, merumuskan pertanyaan dan hipotesis penelitian menjadi bagian yang tak kalah penting dibandingkan bagian-bagian lainnya. Ada dua alasan mengapa peneliti perlu mengajukan pertanyaan atau hipotesis penelitian. Pertama, pertanyaan atau hipotesis penelitian berfungsi membatasi apa yang hendak diketahui. Hal ini memungkinkan peneliti untuk besikap selektif dalam menentukan informasi apa yang akan digunakannya, dan informasi apa yang harus dikesampingkannya. Kedua, pertanyaan atau hipotesis penelitian berfungsi mengarahkan peneliti pada metode penelitian yang hendak digunakan.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Analisis Data Kuantitatif di Malang, Analisis Data Statistik Banyuwangi, Analisis Data Statistik Blitar, Analisis Data Statistik Denpasar, Analisis Data Statistik di Universitas Brawijaya, Analisis Data Statistik di Universitas Islam Malang, Analisis Data Statistik di Universitas Negeri Malang, Analisis Data Statistik di Universitas UIN Maliki Malang, Analisis Data Statistik Jember, Analisis Data Statistik Jombang, Analisis Data Statistik Kediri, Analisis Data Statistik Lombok, Analisis Data Statistik Lumajang, Analisis Data Statistik Makasar, Analisis Data Statistik Malang, Analisis Data Statistik Mataram, Analisis Data Statistik Medan, Analisis Data Statistik Nganjuk, Analisis Data Statistik Probolinggo, Analisis Data Statistik Riset Operasi, Analisis Data Statistik Sidoarjo, Analisis Data Statistik Situbondo, Analisis Data Statistik Surabaya, Analisis Data Statistik Terbaik dengan R, Analisis Data Statistik Terbaik dengan SmartPLS, Analisis Data Statistik Terbaik dengan SPSS, Analisis Data Statistik Terbaik di Politeknik Negeri Malang (POLINEMA), Analisis Data Statistik Terbaik di Universitas Muhammadiyah Malang, Analisis Data Statistik Terbaik di Universitas Wisnuwardhana, Analisis Data Statistik Uji Intrumen Penelitian, Analisis Data Statitsik Uji Asumsi Klasik, Olah Data SPSS Malang, Pelatihan SPSS Malang, Pusat Analisis Data Statistik Malang dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s