Apakah data dapat dianalisis?

data-dianalisis

 

Sebuah topik tidak akan menghasilkan riset yang produktif jika data yang terkumpul tidak dapat diukur dengan cara yang valid dan dapat dipercaya. Dengan kata lain, misalnya, peneliti yang ingin mengukur efek tidak menonton televisi harus mempertimbangkan apakah informasi mengenai perilaku subjek penelitian dapat mencukup dan dapat dipercaya, apakah subjek akan menjawab pertanyaan secara jujur, apa pentingnya data jika telah berhasil dukumpulkan, dan seterusnya. Peneliti juga memerlukan data yang cukup agar menghasilkan penelitian yang berharga. Penelitian mengenai efek tanpa televisi tidak akan dapat diterima jika melibatkan hanya 10 subjek penelitian karena hasilnya tidak dapat digeneralisasi.

 

Pertimbangan lain, apakah peneliti memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang statistik dalam hal penelitian membutuhkan metode statistik? Apakah peneliti betul-betul memahami analisis statistik yang akan digunakannya. Peneliti perlu mengetahui bagaimana statistik bekerja dan bagaimana menginterpretasikan hasilnya. Sering kali peneliti merancang penelitiannya dengan menggunakan prosedur statistik yang rumit yang tidak pernah digunakannya. Cara ini pada akhirnya hanya akan menimbulkan kesalahan dan perhitungan dan interpretasinya.

 

Pemilihan metode riset dan prosedur statistik tidak dapat dilakukan hanya karena metode atau prosedur statistik tersebut popular digunakan atau karena saran orang lain, tetapi pemilihan dilakukan karena keduanya cocok terhadap penelitian yang dilaksanakan, dan dimengerti oleh orang yang melakukan penelitian. Kesalahan yang umum dilakukan peneliti pemula adalah karena memilih metode statistik tanpa memahami apa yang akan dihasilkannya. Adalah lebih bijaksana untuk meggunakan frekuensi dan persentase sederhana dan memahami hasilnya daripada mencoba menggunakan statistik tingkat tinggi namun berakhir kebingungan.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Analisis Data Kuantitatif di Malang, Analisis Data Statistik Jember, Analisis Data Statistik Kediri, Analisis Data Statistik Lumajang, Analisis Data Statistik Makasar, Analisis Data Statistik Malang, Analisis Data Statistik Palembang, Analisis Data Statistik Pasuruan, Analisis Data Statistik Probolinggo, Analisis Data Statistik Situbondo, Analisis Data Statistik Surabaya, Analisis Data Statistik Terbaik dengan AMOS, Analisis Data Statistik Terbaik dengan Eviews, Analisis Data Statistik Terbaik dengan Excell, Analisis Data Statistik Terbaik dengan GeSCA, Analisis Data Statistik Terbaik dengan Lisrel, Analisis Data Statistik Terbaik dengan Minitab, Analisis Data Statistik Terbaik dengan R, Analisis Data Statistik Terbaik dengan SAS, Analisis Data Statistik Terbaik dengan SmartPLS, Analisis Data Statistik Terbaik dengan SPSS, Analisis Data Statistik Terbaik dengan STATA, Analisis Data Statistik Terbaik dengan WarPLS, Analisis Data Statistik Terbaik di Universitas Muhammadiyah Malang, Analisis Data Statistik Terbaik di Universitas Wisnuwardhana, Analisis Data Statistik Uji Intrumen Penelitian, Analisis Data Statistik Yogyakarta, Konsultasi Statistik Penelitian, Pelatihan SPSS Malang, Pelatihan Statistik Terapan, Pusat Analisis Data Statistik Malang, Survey dan Riset dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s