Apakah Topik Penelitian Kita dapat diteliti?

topik-diteliti.jpg

 

Agar topik penelitian kita dapat diteliti, maka dalam sebuah penelitian perlu mempertimbangkan :
1. Tujuan penelitian dapat dicapai apabila fasilitas dan informasi tersedia dengan sebaik-baiknya.

Misal :
Sebuah penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku komunikasi keluarga yang tidak memiliki televisi di rumahnya.
Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut, peneliti harus mencari keluarga yang tidak memiliki pesawat televisi di rumahnya.
Peneliti tersebut meneliti perilaku komunikasi seseorang tanpa televisi selama seminggu.
Peneliti membujuk responden untuk tidak menghidupkan televisi selama seminggu, kemudian mencatat segala aktivitasnya yang mencakup penggunaan media lain, interaksi antara-anggota keluarga, teman, dan sebagainya.
Permasalahan pun akhirnya terjadi, yaitu responden tidak jujur, tetap menonton televisi tanpa sepengetahuan peneliti.

 
2. Istilah atau konsep atau variabel yang digunakan dalam penelitian sebaiknya dapat didefinisikan atau memiliki definisi operasional.

Misal :
Seorang peneliti ingin meneliti “penggunaan media oleh pemuda”
Maka peneliti tersebut harus mendefinisikan kata “pemuda”.
“Pemuda adalah orang yang berumur 17-23 tahun”.
Media yg akan digunakan media yg seperti apa?
Media cetak, media visual, media sosial, dsb.

 
3. Meninjau keberadaan literature untuk menentukan apakah topik yang kita pilih telah diteliti orang lain sebelumnya.
Jika ada, maka kita sebaiknya melakukan kebaruan penelitian tersebut, masalah apa yang belum terselesaikan pada penelitian sebelumnya? Metode apa yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut?
Apakah kesimpulan yang sudah diambil.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Analisis Data Kuantitatif di Malang, Analisis Data Statistik Banyuwangi, Analisis Data Statistik Denpasar, Analisis Data Statistik di Universitas Brawijaya, Analisis Data Statistik di Universitas Islam Malang, Analisis Data Statistik di Universitas Merdeka, Analisis Data Statistik di Universitas Negeri Malang, Analisis Data Statistik di Universitas UIN Maliki Malang, Analisis Data Statistik GSCA, Analisis Data Statistik Jember, Analisis Data Statistik Jombang, Analisis Data Statistik Kediri, Analisis Data Statistik Lampung, Analisis Data Statistik Lombok, Analisis Data Statistik Lumajang, Analisis Data Statistik Makasar, Analisis Data Statistik Malang, Analisis Data Statistik Mataram, Analisis Data Statistik Medan, Analisis Data Statistik Multidimension Scaling (MDS), Analisis Data Statistik Pasuruan, Analisis Data Statistik Probolinggo, Analisis Data Statistik Semarang, Analisis Data Statistik Singaraja, Analisis Data Statistik Situbondo, Analisis Data Statistik Surabaya, Analisis Data Statistik Terbaik dengan AMOS, Analisis Data Statistik Terbaik dengan Eviews, Analisis Data Statistik Terbaik dengan Excell, Analisis Data Statistik Terbaik dengan GeSCA, Analisis Data Statistik Terbaik dengan Lisrel, Analisis Data Statistik Terbaik dengan Minitab, Analisis Data Statistik Terbaik dengan R, Analisis Data Statistik Terbaik dengan SAS, Analisis Data Statistik Terbaik dengan SPSS, Analisis Data Statistik Terbaik dengan STATA, Analisis Data Statistik Terbaik dengan WarPLS, Analisis Data Statistik Terbaik di Politeknik Negeri Malang (POLINEMA), Analisis Data Statistik Terbaik di Poltekes Kemenkes, Analisis Data Statistik Terbaik di Universitas Muhammadiyah Malang, Analisis Data Statistik Terbaik di Universitas Wisnuwardhana, Analisis Data Statistik Yogyakarta, Konsultasi Statistik Penelitian, Pelatihan SPSS Malang, Pusat Analisis Data Statistik Malang dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s