Apakah topik penelitian terlalu luas ?

topik-penelitian-luas

Ketika kita telah mendapatkan topik riset yang hendak kita teliti, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa topik dan masalah penelitian tersebut memang berharga dan bernilai untuk diteliti. Caranya dengan menjawab tujuh pertanyaan dasar sebagaimana yang kami jelaskan pada pembahasan sebelumnya tentang “Pemilihan Topik Penelitian”. Sekarang akan coba kami bahas satu persatu 7 pertanyaan dasar tersebut.

Apakah topik penelitian terlalu luas ? Suatu topik penelitian hendaknya tidak terlalu luas tetapi sebaiknya membatasi diri pada wilayah atau bidang penelitian yang cukup  sempit. Topik penelitian yang mencakup keseluruhan wilayah suatu bidang studi merupakan topik yang terlalu luas. Peneliti pemula sering kali memilih topik penelitian yang terlalu luas untuk dapat dicakup dalam suatu penelitian. Missal, “Efek Kekerasan di Televisi terhadap Anak-anak,” atau “ Efek Informasi Media Massa terhadap Pemilih pada Pemilu Presiden”.

 

Misal, seseorang peneliti pemula di Universitas Colorado pernah tertarik untuk meneliti mengapa penonton televisi menyukai program televisi tertentu, dan bagaimana penonton menilai suatu program sebagai menarik atau tidak menarik. Sayangnya, topik ini terlalu luas. Untuk mempersempit topik, si mahasiswa menentukan terlebih dahulu, misalnya, program jenis apa yang hendak ditelitinya. Setelah dipertimbangkan kembali, akhirnya ia memilih topik mengenai “elemen-elemen keberhasilan” program sinetron televisi.

 

Sumber: Metode Penelitian Survey  (Morissan, M.A)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Analisis Data Statistik, Pelatihan SPSS Malang, Pelatihan Statistik Terapan, Pusat Analisis Data Statistik Malang, Survey dan Riset dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s