ANALISIS KORESPONDENSI

korespondensi

 

Dalam penelitian bidang sosial seperti marketing research data yang telah dikumpulkan sering di tampilkan dalam bentuk tabel kontingensi dwi arah (cross tabulation) yang berisi informasi tentang frekuensi atau presentase dari kategori-kategori penyusunnya. Dari tabel tersebut, salah satu informasi yang ingin diketahui pada umumnya adalah ada tidaknya keterkaitan antar kategori. Untuk menguji kebebasan ini statistik uji yang sering digunakan adalah Khi-Kuadrat (Chi-Square) bila antar kategori tersebut tidak saling terkait (bebas), dapat di artikan bahwa besarnya frekuensi (nilai) profil pada suatu kategori tidak dipengaruhi oleh profil pada kategori lainnya. Akan tetapi bila kebebasan antar kategori tersebut tak dapat dibuktikan, maka hal yang selalu ingin diketahui adalah profil-profil mana yang saling terkait tersebut. Untuk mengetahui hal ini diperlukan analisis lanjutan guna membandingkan antar profil.

Analisis korespondensi yang tergolong dalam analisis eksplorasi data peubah ganda yang digunakan untuk melihat secara visual ada tidaknya ketergantungan antar kategori tersebut, sekaligus melihat kedekatan (keterkaitan) suatu profil dari suatu kategori terhadap profil dari kontingensi, menjadi komponen baris dan kolom. Hasil dari analisis ini kemudian akan ditampilkan dalam bentuk gambar dua dimensi dengan menumpangtindihkan (overlay) antara profil-profil baris dan kolom. Analisis ini dapat digunakan untuk positioning dan perceptual mapping.

Kedekatan antar profil dalam kategori yang sama didasarkan pada jarak Euclidnya. Jarak yang jauh antar profil akan memberikan kontribusi yang relatif besar terhadap tidak adanya keterkaitan antar kategori yang diamati.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Analisis Data Statistik, Analisis Data Statistik Ambon, Analisis Data Statistik Bali, Analisis Data Statistik Bandung, Analisis Data Statistik Banyuwangi, Analisis Data Statistik Batam, Tak Berkategori dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s