Merancang dan Menyusun Proposal Penelitian

Menyusun proposal penelitian merupakan panduan yang berisi langkah-langkah untuk diikuti oleh mahasiswa dalam melakukan penelitannya. Menyusun rancangan penelitian, perlu diantisipasi tentang berbagai sumber yang dapat digunakan sebagai pendukung dan penghambat terlaksananya penelitian.

 

Penelitian dilakukan berangkat dari masalah. Sedangkan masalah itu, merupakan gap atau “kesenjangan” dari apa seharusnya dengan apa yang terjadi, kesenjangan antara rencana denga pelaksanaan, kesenjangan antara teori dengan praktik, dan kesenjangan antara aturan dengan pelaksanaan. Masalah itu muncul pada ruang , tempat dan waktu tertentu.

 

Penyusunan proposal biasanya dimulai dengan pengajuan judul penelitian kepada dosen pembimbing. Bagi mahasiswa yang belum memahami bagaimana menyusun proposal , pasti pemikirannya akan focus pada judul penelitian saja. Memang begitu prosedurnya, tetapi dalam kenyataanya mahasiswa akan mengalami kesulitan dan berputar-putar dengan judul itu sendiri.

 

Bagi yang sudah belajar bagimana cara menyusun proposal, tidak perlu mengikuti prosedur yang sudah ada, dalam pengertian kita harus berangkat dari latar belakang masalah, indikasi masalah dan batasan masalah baru kemudian menemukan judul proposal penelitian yang relevan. Walaupun judul penelitian itu selalu tercantum di bagian paling depan dan setiap laporan penelitian, tetapi tidak berarti penelitian dilakukan berangkat dari judul. Seperti telah dikemukakan di bagian depan bahwa suatu penelitian itu dilakukan berangkat dari permasalahan, bukan dari judul. Justru judul penelitian dibuat bertitik tolak dari batasan masalah. Alur pikir membuat judul penelitian sebagai berikut.

 

1. Latar Belakang Masalah

 

 

3. Batasan Masalah

 

 

 

 

 

2. Indikasi Masalah

 

Dari pola diatas, maka judul penelitian itu sudah spesifik karena berangkat dari batasan masalah. Jadi, dalam membuat judul penelitian tidak harus terikat oleh judul yang sudah ditentukan. Ada cara lain lebih praktis dan mudah. Misalnya dengan mengetahui variable-variabel penelitian yang telah dibatasi itulah yang diangkat menjadi judul penelitian. Banyak cara lain dan tergantung pada kreativitas dan inovasi mahasiswa itu sendiri

 

Penelitian Kuantitatif, pada umumnya judul proposal penelitian secara eksplisit menunjukan variable yang akan diteliti, terutama variable bebas (independent variable) dan terikat (dependent variable). Sedangkan variable moderator, intervening dan control tidak perlu dituliskan dalam judul penelitian, dengan demikian judul proposal penelitian menjadi singkat.

 

Judul dalam proposal penelitian harus netral dan didasarkan pada bentuk-bentuk permasalahan yang diteliti. Bentuk-bentuk permasalahan ada yang bersifat deskriptif (yang menggambarkan keadaan satu variable atau unit variable), pengaruh, hubungan, dan komparatif seperti berikut.

 

  1. Deskriptif
  2. Tindakan Pemda Pasuruan dalam penanggulangan bahaya banjir.
  3. Produktivitas kerja pegawai di Diknas Provinsi Jawa Barat
  4. Peran mahasiswa dalam menuntut keadilan di Mahkamah Agung
  5. Analisis pelayanan pemberian paspor pada Sub Seksi Periizinan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Surabaya.
  6. Evaluasi peningkatan tariff BBM Tahun 2004-2009

 

  1. Pengaruh
  2. Pengaruh kemampuan dan motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan masyarakat di Dinas Kebersihan Kota Samarinda.
  3. Pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap prestasi kerja pegawai di Dinas Pendapatan Daerah Kota Cimahi.
  4. Pengaruh partisipasi orang tua siswa dan tindakan kepala sekolah terhadap pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di Kabupaten Garut.
  5. Pengaruh kinerja guru dan abilitas guru terhadap pelaksanaan jabatan fungsional guru di Dinas Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta.
  6. Pengaruh teroris terhadap perubahan iklim investasi di Indonesia.

 

  1. Hubungan (Asosiatif)
  2. Hubungan keterampilan dan pengetahuan siswa terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 12 Bandung.
  3. Hubungan kepuasan kerja dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja pegawai di bagian Kerja pegawai di Bagian Keuangan Provinsi Gorontalo.
  4. Sikap masyarakat dan pemahaman masyarakat dalam hubungannya dengan pemilihan presiden secara langsung 2009 di Indonesia.
  5. Hubungan perencanaan pembangunan daerah dari bawah dan koorodinasi antar instansi pemerintah terhadap peningkatan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembangunan di Kota Manado.
  6. Hubungan nilai-nilai positif budaya asing dan kunjungan wisata terhadap perubahan tingkah laku remaja di Kota Denpasar Bali Tahun 2009.

 

  1. Perbandingan (Komparatif)
  2. Kinerja dosen STIA LAN Jakarta dibandingkan dengan kinerja dosen STIA LAN Bandung dan STIA LAN Makassar.
  3. Perbandingan PAD antara Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Kutai Kartanegara.
  4. Komparasi penjualan sepeda motor merek Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki di Kota Batam.
  5. Perbandingan kinerja presiden Dr. Susilo Bambang Yudoyono (SBY) dengan presiden Megawati Sukarno Putri.
  6. Perbandingan kepedulian, kecintaan, dan semangat pemuda tentang keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) wilayah Barat, Tengah dan Timur Indonesia.

 

Proposal penelitian disusun mulai dari judul sampai metode penellitian dan ditambah dengan lokasi, target waktu penelitian dan daftar pustaka. Susunan umum proposal penelitian [Judul-Latar Belakang Masalah-Identifikasi Masalah-Batasan Masalah-Rumusan Masalah-Tujuan Penelitian-Kegunaan Hasil Penelitian-Landasan Teori dan Kerangka Berpikir-Asumsi-asumsi-Pengajuan Hipotesis-Metode Penelitian dan Daftar Pustaka.

 

Pada bagian ini akan diterangkan secara rinci isi proposal penelitian secara ringkas berikut.

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s