Teknik Pengambilan Sampling Model Non-Probabilitas

sampling

Suatu cara pengambilan sampel disebut dengan non-probabilitas apabila besarnya peluang anggota populasi untuk terpilih sebagai sampel tidak diketahui. Oleh karena itu, kita tidak mungkin dapat menghitung besarnya error dalam estimasi terhadap karakteristik populasi.dengan metode ini,belum tentu semua elemen populasi memiliki peluang yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel. Beberapa cara dengan metode antara lain:

 

  1. Judgement Sampling atau Purposive Sampling

Dengan cara ini, pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan yang sesuai dengan maksud penelitian,artinya sebelum sampel diambil, ditentukan dulu atasan-batasan sampel yang seperti apa yang akan diambil. Contohnya, kita akan melakuka penelitian terhadap kinerja karyawan di salah satu BUMN dengan sampel yang telah ditentukan. Misalkan sampel yang akan diambil adalah golongan III keatas, masa kerja minimal 15 tahun, pernah menjabat Kepala Seksi dan setingkatnya.

2. Quota Sampling

Jika riset dilakukan untuk mengkaji fenomena dari beberapa aspek, responden yang akan dipilih adalah orang-orang yang diperkirakan dapat menjawab semua aspek itu. Oleh karena itu maka sampel dipilih berdasarkan kelmpok tertentu sebagai target dengan menggunakan quota yang ditetapkan terhadap kelompok tersebut

3. Convenience Sampling

Sampel ini sebenarnya tidak dapat diandalkan, tetapi paling murah dan dapat cepat dilakukan karena periset memiliki kebebasan untuk memilih siapa saja yang dapat ditemui. Namum demikian metode ini massif bermanfaat pada saat tahap awal penelitian eksploratif saat mencari petunjuk penelitian.

4. Snowball Sampling

Dengan metode ini, teknik penentuan sampel semula jumlahnya kecil, kemudian orang terpilih yang dijadikan sampel diminta untuk memilih responden lain sebagai sampel berikutnya, begitu seterusnya.

5. Sensus

Dikatakan sebagai metode sensus apabila semua populasi digunakan untuk data penelitian. Metode ini sangat dianjurkan apabila populasi tidak begitu besar dan sangat memungkinkan dilaksanakan baik dari segi pertimbangan waktu maupun biaya.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Analisis Data Kuantitatif di Malang dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s