PENGUJIAN HIPOTESIS

tipe-kesalahan-dalam-uji-hipotesis

Hipotesis statistik adalah suatu anggapan atau pernyataan, yang mungkin benar atau tidak, mengenai satu populasi atau lebih. Kebenaran atau ketidakbenaran suatu hipotesis statistik tidak pernah diketahui dengan pasti, kecuali bila seluruh populasi diamati. Dengan mempertimbangkan waktu dan  biaya maka untuk menguji kebenaran suatu hipotesis diambillah sampel random dari populasi yang akan diselidiki. Selanjutnya sampel tersebut dianalisis sehingga menghasilkan suatu informasi yang dikehendaki. Dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari sampel tadi dapat diputuskan apakah suatu hipotesis benar atau tidak. Informasi dari sampel yang tidak sesuai dengan hipotesis statistik menjurus ke penolakan hipotesis, sedangkan informasi yang mendukung hipotesis statistik menjurus kepada penerimaan hipotesis. Perlu ditegaskan bahwa penerimaan suatu hipotesis statistik diakibatkan oleh tidak cukupnya petunjuk untuk menolaknya.

Dalam pengujian hipotesis ini sering digunakan istilah diterima atau ditolak, untuk itu penting dipahami, bahwa penolakan suatu hipotesis berarti menyimpulkan bahwa hipotesis statistik tersebut tidak benar, sedangkan penerimaan suatu hipotesis hanyalah menunjukkan bahwa tidak cukup petunjuk untuk mempercayainya, karena itu dalam suatu analisis seharusnya selalu menyatakan sebagai hipotesisnya adalah pernyataan yang dia harapkan akan ditolak. Hipotesis yang dirumuskan dengan harapan untuk ditolak disebut hipotesis nol

Contoh :

  1. Untuk mengetahui manakah yang lebih unggul metode mengajar A atau B, maka diuji hipotesis bahwa tidak ada beda antara kedua teknik tersebut.

metode A = metode B (tidak ada beda antara met. A dan B)

metode A > metode B (met. A lebih unggul dari met. B)

  1. Untuk mengetahui apakah metode A berbeda dengan metode B, maka diuji hipotesis bahwa tidak ada beda antara metode A dan metode B.

metode A = metode B (tidak ada beda antara met. A dan B)

metode A  metode B (met. A lebih unggul dari met. B)

  1. Untuk mengetahui apakah banyaknya anak tergantung dari pendidikan yang dicapai oleh ayah, maka diuji hipotesis bahwa banyaknya anak tidak tergantung dari pendidikan ayah.

banyaknya anak tidak tergantung pada pendidikan ayah

banyaknya anak tergantung pada pendidikan anak.

 

  1. Untuk mengetahui apakah terjadinya hipertensi tergantung pada kebiasaan merokok, maka diuji hipotesis bahwa terjadinya hipertensi tidak tegantung dari kebiasaan merokok.

terjadinya hipertensi tidak tegantung pada kebiasaan merokok.

terjadinya hipertensi tegantung dari kebiasaan merokok.

Nilai parameter populasi dapat merupakan pengalaman masa lalu atau percobaan sebelumnya, maka dalam hal ini pengujian hipotesis digunakan untuk mengetahui apakah situasi yang lalu telah berubah. Juga dapat ditentukan dari beberapa teori atau model, bearti pengujian hipotesis disini untuk mengetahui kebenaran suatu teori atau model.

Keputusan yang dibuat berdasarkan informasi sample umumnya cenderung tidak seratus persen benar, tetapi diharapkan kesalahan yang terjadi tidak terlalu besar, sehingga pengujian hipotesis mempunyai tingkat keyakinan yang cukup. Dalam uji hipotesis ini dikenal dua tipe kesalahan, yaitu kesalahan tipe I dan kesalahan tipe II.

 

Kesalahan tipe I diberi symbol, adalah menolak Ho padahal Ho benar, sedangkan kesalahan tipe II yang diberi symbol  adalah menerima hipotesis nol, padahal hipotesis nol salah (Walpole, 1986).

sumber: diolah dari berbagai sumber di internet

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Analisis Data Kuantitatif di Malang, jasa olah data banyuwangi, Pelatihan SPSS Malang, Pusat Analisis Data Statistik Malang, Training Statistika di Malang dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke PENGUJIAN HIPOTESIS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s