Skripsi itu Mudah…!!!

 Pola pikir ini yang setiap saat harus ditanamkan, karena jika berpikir skripsi itu mudah, maka anda akan menganggapnya memang mudah. Ada beberapa catatan untuk meyakinkan bahwa skripsi itu mudah.

Pertama, skripsi itu pada dasarnya latihan meneliti,latihan menulis, dan latihan mengutip dengan baik dan jujur. Karena sifatnya ‘ hanya ‘ latihan, maka jangan dibuat susah karena memang tidak ada yang susah.
Kedua, skripsi itu akan menjadi seolah-olah susah jika Anda menganggapnya susah. Untuk mahasiswa, jangan terlalu percaya pada cerita kakak kelas tentang Dosen Pembimbing. Bahwa Dosen Pembimbingya itu (a) sangat hobi mempersulit mahasiswa, (b) susah ditemui, (c) sok super sibuk, dan (d) galaknya minta ampun. Singkatnya, dialah sosok ‘ dosen killer’ yang sesungguhnya. Ingatlah bahwa cerita senior itu didasarkan pada pengalaman pribadinya dengan sang Dosen. Dan pengalaman ini sifatnya sangat subjektif, tergnatung bagaimana kemampuan dia dalam berkomunikasi dengan dosen pembimbing dan kapasitas keilmuannya dalam bidang yang diteliti.
Ketiga, skripsi itu juga akan mudah jika Anda tidak mempersulit diri. Perlu ada strategi dalam memilih topik dan objek penelitian. Ketergantungan yang terlalu tinggi terhadap salah satu objek penelitian membuat Anda tidak bisa melakukan apa pun, sementara waktu terus berjalan. Selain itu, mempertahankan mood skripsi adalah penting, Jangan menganggap bahwa skripsi sudah selesai jika belum benar-benar telah selesai.
Iklan
Pos ini dipublikasikan di Analisis Data Kuantitatif di Malang, jasa olah data banyuwangi, Olah Data SPSS Malang, Pusat Analisis Data Statistik Malang, Training Statistika di Malang dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s